Cara Memilih Bibit Pinang Terbaik

Home / Berita / Artikel / Cara Memilih Bibit Pinang Terbaik

Cara Memilih Bibit Pinang Terbaik

Cara Memilih Bibit Pinang Terbaik

Penggunaan bibit pinang unggul memang berpotensi untuk meningkatkan kualitas hasil panen jenis tanaman ini. Akan tetapi, pemilihan benih pinang varietas unggul tidak semudah apa yang Anda bayangkan. Sebab proses ini mesti Anda lakukan secara selektif agar bibit pinang yang diperoleh terbukti kualitasnya. Agar tidak salah pilih, maka sebaiknya Anda mengikuti beberapa tips berikut ini.

Tips Memilih Bibit Pinang Varietas Unggul
Bibit pinang berkualitas tentu harus berasal dari tanaman induk yang terbebas dari penyakit, hama, wereng maupun gulma. Dengan demikian, bibit pinang dapat tumbuh dengan subur seperti tanaman induknya. Berbicara mengenai pemilihan benih tanaman pinang berkualitas, terdapat beberapa tips yang bisa Anda simak.

1. Pastikan Pohon Indukan Tumbuh Optimal
Dalam pemilihan bibit pinang, Anda disarankan untuk datang langsung ke penadah benih. Sebab selain melihat berbagai macam bibit yang tersedia disana Anda juga bisa mengamati keberadaan pohon indukannya. Ketika melakukan proses pengamatan, Anda harus memastikan bahwa pohon indukan memenuhi ciri-ciri tumbuh tegar, batangnya lurus dan mahkotanya berbentuk setengah bulat.

2. Produksi Pinang Tanaman Induk Stabil
Tanaman induk tentu harus memiliki produktivitas yang stabil. Sebab hanya tanaman indukan pinang dengan kriteria inilah yang mampu menghasilkan bibit unggulan. Tanaman induk pinang dianggap mampu menghasilkan bibit berkualitas apabila memiliki masa produksi normal. Setiap tanaman pinang rata-rata memiliki waktu produksi sekitar 4-5 tahun dengan usia minimal 10 tahun.

3. Pertumbuhan Daunnya Juga Bagus
Memilih bibit pinang sebaiknya memang harus mengamati keberadaan pohon indukannya secara langsung. Hanya dengan cara inilah maka bibit pinang unggul bisa Anda peroleh. Salah satu aspek yang perlu Anda amati secara teliti adalah pertumbuhan daunnya. Idealnya, bibit pinang berkualitas berasal dari tanaman pinang yang mempunyai daun rata, terbukai dan jumlah helainya lebih dari 8.

4. Memiliki Lingkar Batang Pohon Ideal
Proses pemilihan bibit pinang memang harus Anda lakukan secara teliti. Dengan demikian, Anda juga mesti mengukur lingkar batang pohon tanaman pinang. Proses pengukuran ini biasanya dilakukan pada ketinggian 1 meter dari permukaan tanah. Adapun karakteristik dari bibit pinang varietas unggul adalah berasal dari tanaman induk dengan lingkar batang sekitar 45 cm.

5. Pertimbangkan Juga Kondisi Tandannya
Batang, daun dan lingkar batang merupakan aspek penting untuk menilai seberapa baik kualitas indukan tanaman pinang. Akan tetapi, selain ketiga faktor ini Anda juga perlu mempertimbangkan aspek kondisi tandannya. Bibit pinang berkualitas nomor satu tentu saja dihasilkan dari tanaman induk dengan tandan ideal.

Dalam konteks ini, tandan tanaman pinang harus terdiri dari 4 buah atau lebih. Sementara itu, pastikan juga bahwa di setiap tandan terdapat buah pinang dengan jumlah kurang lebih 0-60 butir. Ketika kondisi tandan tanaman indukan memenuhi kriteria ini, maka itu artinya bibit pinang benar-benar varietas unggulan.

Pemilihan bibit pinang varietas unggulan memang perlu Anda lakukan secara selektif. Cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan mendatangi langsung penadah benih pinang untuk melihat pertumbuhan tanaman induknya. Melalui cara ini, potensi untuk mendapatkan bibit pinang kualitas terbaik tentu akan semakin meningkat.

Dengan demikian, hasil panennya pun akan menyesuaikan kualitas bibit pinang yang telah ditanam. Jika Anda bingung mencari supplier bibit pinang yang kredibel, maka Kami bersedia memenuhi perimintaan tersebut. Ya, Kami merupakan supplier bibit pinang yang bersedia memberikan bibit pinang unggul, berharga terjangkau serta tersertifikasi lembaga berkompeten. (BibitPinangUnggul.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.