Perusahaan di Kubu Raya diminta berperan aktif cegah COVID-19

Perusahaan di Kubu Raya diminta berperan aktif cegah COVID-19

Pontianak- Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengajak semua perusahaan di kabupaten itu untuk ikut berperan aktif dalam pencegahan dan penanganan COVID-19, dengan menyalurkan dana CSR mereka untuk membantu masyarakat di sekitar perusahaan.

“Keterlibatan tersebut dapat dilakukan melalui penyaluran bantuan lewat program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) khusus COVID-19. Kami sudah membuat surat edaran sekaligus imbauan agar perusahaan mengeluarkan CSR-nya, khusus untuk COVID-19 ini,” kata Muda di Sungai Raya, Rabu.

Terkait hal itu, Muda juga meminta data dari dinas terkait tentang perusahaan-perusahaan yang berada di wilayah Kubu Raya dan sudah menyalurkan bantuan CSR khusus COVID-19. Khususnya bantuan terhadap warga di sekitar lokasi perusahaan.

““Seperti pemberian sembako, desinfektan, APD, dan lain sebagainya terutama untuk warga di lingkungan perusahaan. Jadi kita tunggu laporan-laporannya,” tuturnya.

Muda menyatakan pemberian bantuan melalui program CSR adalah sebuah keharusan. Sebagai satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan di wilayah kerjanya. Terlebih menjelang tibanya bulan suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, yang kali ini terasa berat karena adanya wabah COVID-19.

“Ya sejatinya wajib, nama CSR itu, cuma cara penyalurannya berbeda-beda, apakah berupa sembako atau bentuk lainnya. Ini nanti akan kami minta laporan dan bukti-bukti penyalurannya,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Kubu Raya Elfizar Edrus mengatakan saat ini terdapat 28 perusahaan perkebunan di Kabupaten Kubu Raya. Secara umum perusahaan-perusahaan tersebut telah melaksanakan program CSR.

“Namun untuk CSR khusus COVID-19 ini, perusahaan mempunyai jadwal masing-masing. Ada yang sudah melaksanakannya dan ada yang masih belum,” katanya.

Ia menambahkan, hingga kini ada belasan perusahaan perkebunan yang sudah melaksanakan CSR khusus COVID-19. Perusahaan-perusahaan tersebut tersebar di sejumlah kecamatan di Kubu Raya. Namun ada pula perusahaan yang pelaksanaan CSR-nya akan menyusul karena menyesuaikan dengan agenda yang telah disusun perusahaan.

“CSR khusus COVID-19 ini bermacam-macam kegiatannya. Ada pembagian sembako, tong air, alat- alat desinfektan, dan sebagainya. Penyaluran CRS ini akan terus berlangsung,” kata Elfizar.

Elfizar mengatakan pihaknya terus mengingatkan perusahaan agar ikut andil dalam pencegahan dan penanganan COVID-19 di Kabupaten Kubu Raya. Selain menyampaikan surat edaran bupati, juga berkomunikasi langsung dengan pihak perusahaan.

“Edaran Bupati terus kita jalankan. Terutama menyosialisasikan dan terus mengingatkan pihak perusahaan untuk ikut melakukan pencegahan,” katanya.

(ANTARA)

Leave a Reply

Your email address will not be published.